Senin, 01 Desember 2008

Promosi Gila (1) : Memikat Perhatian Pengunjung

Banyak pengunjung datang ke toko atau tempat usaha merupakan harapan setiap orang yang menjalankannya. Sudah pasti peluang meningkatnya jumlah omzet terbuka lebar. Semakin banyak pengunjung maka semakin baik. Peluang untuk menjadi jutawan atau milyarder akan semakin mudah buat anda. Hanya tinggal menunggu waktu.

Lain halnya jika sebaliknya. Bagaimana rame pembeli jika yang berkunjung saja sangat jarang. Hati-hati, jika kondisinya seperti ini anda harus sigap untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pengunjung. Jangan biarkan kondisi itu berlanjut jika anda tidak ingin kehilangan usaha anda.

Apa yang disarankan para milyarder, diantaranya Bradley J. Sugars dan Tung Desem Waringin sangat lah mantap untuk di aplikasikan. Keduanya menekankan betapa pentingnya mendatangkan arus pengujung sebanyak-banyaknya ke tempat usaha kita. Teknik ini bisa juga disebut meningkatkan Lead.

Ada sebuah promosi gila yang bisa anda lakukan. Promosi Gila yang saya maksud adalah promosi yang spektakuler, tidak lajim, langka atau unik. Hal ini salah satunya biasa dilakukan oleh pemilik waralaba Es Teler 77, yang kini sudah tiada. yakni Sukyanto Nugroho.

Ketika krisis moneter melanda Indonesi pada 1998 banyak restoran Franchiser luar negeri gulung tikar tetapi es teller 77 justru malahan membuka sekitar 50 gerai baru.

Salah satu jurus jitunya dari 18 Jurus Sakti yang membuat ia dan usahanya menjadi sangat popular dan maju pesat adalah karena piawainya ia meramu sebuah promosi melalui acara-acara yang disajikannya secara unik, tidak lajim, langka dan pertama.

Makanya tidak heran seabreg Rekor MURI ia sandang, baik rekor nasional maupun dunia. Kiranya sangat tepat ia disebut Raja Rekor MURI Indonesia. Ia merupakan orang yang meraih rekor muri perorangan terbanyak yakni lebih dari 21 buah rekor.

Di antara Rekor-rekor muri tersebut antara lain:
Pemrakarsa kue tart tertinggi di dunia 24,5 meter (12 mei 1989)
Penyelenggara lomba lukis tuna netra pertama (9 juli 1991)
Gerai makanan tradisional (Es Teller 77) dengan jumlah cabang terbanyak yakni 71 cabang (Oktober 1990)
Jumlah bank terbayak (21 bank) yang terletak pada satu lantai dan satu atap di Pasar Mangga Dua Jakarta. (29 Agustus 1990).
Penyelengara Lomba Lukis Tuna Netra terbanyak 168 peserta. (17 september 1995)
Lelang Lukisan tuna netra tercepat 13,6 detik (17 September 1995)
Pencipta 3 waralaba tradisional Indonesia (Es Teler 77, Mie Tek-tek, Pasti Enak)
Lukisan Terpanjang 2503 meter (24 Agustus 1984)
Penyelenggara lukisan di atas batu pertama (21 Oktober 1984)
Pemrakarsa pembuatan 5 cabang mie tek-tek sekaligus pada saat peresmian(25 Juni 1996)
Memecahkan 3 rekor dunia sekaligus di Makassar yakni lomba melukis di atas kain 54 meter oleh 50 orang penyandang cacat berbagai jenis, semua lukisan telah dibeli oleh 500 orang dengan nilai Rp. 14 juta dan semua lukisan telah terjual pada 24 juli 2006 sebelum lukisan dibuat. (Agustus 2006)
Pemrakarsa dan pembuat medali teringan (7 gram) yang terbuat dari bahan kertas. September 2006)

Acara-acara menarik yang unik, langka dan pertama apalagi mampu memecahkan rekor MURI sudah tentu akan menjadi magnet bagi media masa baik media cetak maupun elektronik untuk meliputnya.

Ada satu rahasia lagi yang diberikan sukyanto agar acara tersebut memiliki nilai berita lebih. Yaitu acara-acara tersebut harus menghadirkan figur publik. Mereka bisa dari kalangan selebritis, olahragawan terkenal, maupun dari kalangan pejabat pemerintah. Untuk pejabat pemerintah maka makin tinggi jabatannya maka makin tinggi nilai beritanya.

Salah satu tokoh bisnis di luar negeri yang berhasil membangun merek melalui publisitas adalah Anita Roddick, pemilik The Body Shop asal inggris. Yang ia lakukan bukan melalui acara-acara seperti Sukyanto tetapi melalui artikel-artikelnya yang muncul di Koran dan majalah mengenai kecatikkan dan perawatan tubuh dengan menggunakan bahan-bahan alami. Begitu pula melalui wawancara di radio dan televisi.

Semoga ada manfaat yang bisa anda ambil untuk anda terapkan pada acara-acara promosi usaha yang anda lakukan.

Penting: Silahkan berikan komentar atau masukkan Anda, atau sekedar ucapan terimakasih dibagian bawah postingan ini, saya akan sangat menghargai setiap komentar anda! Dan siapa tahu justru anda-lah yang bisa menginspirasi orang lain.

Langganan via FeedLangganan via Email

Artikel Terkait.....!!

Widget by Scrapur

0 komentar:



Silahkan Tinggalkan Komentarnya di Sini....!!!

  © By: Dunia-Blogger 2008

|Admin Quick Click: [Draf]-[Edit HTML]-[Google]-[Adsense]-[Gmail

Kembali Ke Atas