Kamis, 06 November 2008

Pantangan Bisnis Internet : Mengejar 1,5 Milyar Tak perlu Ngirim Pesan Ke Sembarang Email

Banjiruangsaku.blogspot.com | Ada sebuah shofware yang bisa digunakan untuk mengirim pesan kepada ribuan email sekaligus. Ini tentu menggiurkan. Sekali klik ribuan pesan terkirim kepada orang lain. Saya juga bersyukur sudah memilikinya.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakannya. Anda tidak bisa asal kirim kepada siapa saja. Shofware-shofware sejenis ini bisa anda gunakan kepada email-email yang sudah menjalin hubungan dengan anda. Misalnya, mereka yang pernah membeli produk sebelumnya atau yang pernah meminta informasi gratis dari web site Anda.

Jika anda mengirim email kepada mereka yang tidak pernah menjalin hubungan dengan anda, Misalnya email yang anda peroleh dari komentar-komentar di internet, dari surat kabar, data base email yang dijual orang, maka bisa-bisa anda di anggap SPAM. Dan jika demikian maka alamat buruk bagi bisnis internet Anda.

Makanya untuk menggunakan shofware tersebut, langkah pertama adalah Anda harus memiliki banyak Trafik yang berkunjung kepada web site Anda. Disini tugas Anda adalah menggunakan seribu satu jurus bagaimana mengundang arus trafik ke web site Anda. Jangan lupa untuk membuat Op-in agar pengunjung web site anda mengisis alamat emailnya. Barulah anda mengirim pesan dan tawaran anda kepada mereka yang pernah berkunjung.

Mengirim pesan atau penawaran kepada sedikit email yang pernah kontak dengan anda adalah jauh lebih efektif dan lebih dahsyat hasilnya dibandingkan anda mengirim kepada jutaan email yang tidak pernah kontak dengan anda.

Nurhadi W pernah menuturkan contoh kasus sebagai berikut. Pada tahun 1999, Mark Provo dari perusahaan Provo & Gladwell Associates telah mengembangkan dan membuat suatu software yang handal. Dan dia ingin memasarkan software-nya tersebut melalui internet. Perusahaan tersebut tidak tanggung-tanggung untuk melakukan gebrakan pasar, perusahaan tersebut menyewa Web Developer untuk membuat web site dan menempatkannya di urutan paling atas di semua search engine populer.

Hasilnya: Hanya sedikit sekali mendapatkan penjualan. Biaya mahal tapi hasilnya tidak sebanding bahkan sangat mengecewakan. Untuk meningkatkan penjualan mereka melakukan SPAM dengan mengirim email yang berisi penawaran harga ke 1.000.000 (1 juta) alamat email. Hasilnya: Sangat sangat mengecewakan! Hanya mendapatkan penjualan sebesar $100 atau sekitar Rp. 850.000,- dan lebih parah lagi, perusahaan tersebut mendapat balasan email dari mereka berupa caci maki dan komplain.

Pada suatu kesempatan lain, Mark Provo mengirim email yang berisi penawaran yang sama ke anggota milis dia sendiri yang berjumlah 8.000 orang yaitu mereka yang pernah membeli produk sebelumnya atau yang pernah meminta informasi gratis dari web site-nya. Dan hasilnya: Dia berhasil mendapatkan penjualan sebesar $ 190.000,- atau sekitar Rp. 1.615.000.000 ( 1.5 milyar rupiah lebih) dan tidak ada komplain sama sekali (zero complain).

Kiranya gambaran di atas dapat dijadikan nasehat kepada siapapun pelaku Bisnis Internet, Jangan pernah sekali-sekali melakukan SPAM.

Saya beruntung mengetahui pantangan ini diawal-awal saya belajar mengembangkan web site saya. Saya selamat dari melakukan SPAM. Saya tidak jadi mengirim pesan kepada ratusan email yang sudah saya miliki. Karena saya sudah tahu bahwa semua email ini belum pernah kontak satu pun dengan saya.

Yang saya lakukan adalah secara bertahap mempraktekkan strategi-strategi untuk mengundang banyak trafik. Ilmu-ilmu untuk ini banyak bertebaran diInternet yang bisa anda peroleh secara Gratis. Tidak lupa pula untuk mebuat Opt-in Email sendiri. Sehingga bisa menjalin hubungan yang erat dengan para pelanggan atau pengunjung web site anda secara terus menerus.

Salam Dahsyat dari Sunaryo Saripudin:
http://www.Banjiruangsaku.Blogspot.com

Langganan via FeedLangganan via Email

Artikel Terkait.....!!

Widget by Scrapur

0 komentar:



Silahkan Tinggalkan Komentarnya di Sini....!!!

  © By: Dunia-Blogger 2008

|Admin Quick Click: [Draf]-[Edit HTML]-[Google]-[Adsense]-[Gmail

Kembali Ke Atas