Senin, 20 Oktober 2008

Bagaimana Masih Bisa Menabung Walau 100% Gaji Anda Sudah Habis Entah Kemana (bagian 2)

Oleh : Sunaryo Saripudin S.Pd
Email : Banjiruangsaku@Gmail.com


Rahasia Mulai Menabung Tanpa Rasa Beban: Menyisihkan uang untuk ditabung, ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan bagi sebagian orang. Apalagi yang penghasilannya pas-pasan. Jangankan untuk menabung, untuk menutup kebutuhan hidup sehari-hari saja alangkah beratnya.

Pernahkan anda merasakan susahnya menyisihkan uang gaji untuk menabung. Teman saya yang pekerja pabrik, atau karyawan di sebuah perusahaan sebagian besar mengalaminya. Sayapun pernah mengalami periode seperti itu.

Padahal menabung sangat dianjurkan oleh para jutawan atau pengusaha, meskipun ada sebagian dari mereka yang mengharuskan untuk melakukan tindak lanjut terhadap uang yang anda tabung ke dalam bentuk investasi. Namun pada prinsipnya mereka mengajurkan kita untuk menabung.

Peter Spann dalam bukunya Wealth Magic, Dari hidup miskin hingga menjadi seorang miliarder hanya dalam waktu tujuh tahun, 2004, memberikan nasehat sebagai berikut :

“Belajarlah untuk hidup dengan 70% dari penghasilan anda! buatlah agar sisanya bekerja untuk anda! jika anda tidak dapat hidup dari 70%, hiduplah dari 80%,apabila anda tidak dapat melakukannya, hiduplah dari 90%. bila anda tidak dapat melakukannya, untuk kebaikan anda sendiri, hiduplah dari 99% penghasilan anda dan paling tidak sisihkan 1% untuk hari depan anda, dan berangsur-angsur kembali ke 70%.”

Juga, George Classon, dalam buku terlarisnya The Richset Man in Babylon (Signetreissue,2002), menyarankan sebagai berikut :
“Setidaknya anda menyimpan 10 persen dari penghasilan anda terlebih dahulu sebelum membelanjakannya, disepanjang masa kerja anda.

Contohnya jika anda mendapatkan 2 juta rupiah setiap bulan, buatlah keputusan sejak hari ini untuk menabung sebesar 20 ribu rupiah setiap bulan atau 670 rupiah setiap hari. Kemudian anda dapat hidup dengn 1,98 juta rupiah sisanya.

Banyak orang yang terjebak dalam hutang, dan gagasan untuk menabung 10 persen dari penghasilannya sebelum digunakan untuk apapun adalah hal yang sangat sulit bagi mereka. Dalam kasus ini, saya merekomendasikan proses bertahap yang meminta anda untuk menabung 1 persen dari penghasilan dan hidup dengan 99 persen.

Pergilah ke Bank untuk membuka tabungan terpisah, yaitu tabungan”Kebebasan Financial” anda. Uang yang masuk ke tabungan ini mengalir hanya searah saja, yaitu arah masuk.

Sekali anda menyimpan tabungan kedalam tabungan ini, jangan anda pernah mengambilnya untuk alasan apapun. Tabungan ini hanya memiliki satu tujuan, untuk memungkinkan anda secepat mungkin mencapai kebebasan financial.

Setelah anda menjadi terbiasa dengan hidup dari 99 persen penghasilan anda, naikkan tabungan anda sebesar 2 persen dari total penghasilan anda. Dalam setahun anda akan mendapati bahwa diri anda cukup nyaman hidup dengan 10 persen dari penghasilan saat ini.

Teruskan proses ini sampai anda menabung 15 persen dan kemudian 20 persen dari penghasilan anda. Selanjutnya tunggulah. Perbedaan dalam kehidupan financial anda akan benar-benar luar biasa.”

W. Clement Stone, salah seorang multi jutawan pernah menulis : “Jika anda tidak dapat menabung, maka benih kebesaran tidak ada dalam diri anda.”

----------------------------------------------------------------------------------------------------
Salam Dahsyat dari Sunaryo Saripudin:
http://www.Banjiruangsaku.Blogspot.com
Semoga sukses-----Rahasia Mulai Menabung Tanpa Rasa Beban

Langganan via FeedLangganan via Email

Artikel Terkait.....!!

Widget by Scrapur

0 komentar:



Silahkan Tinggalkan Komentarnya di Sini....!!!

  © By: Dunia-Blogger 2008

|Admin Quick Click: [Draf]-[Edit HTML]-[Google]-[Adsense]-[Gmail

Kembali Ke Atas