Kamis, 30 Oktober 2008

Jurus Jitu Agar Usaha Jadi bangrut

Oleh : Sunaryo Saripudin S.Pd,
www.Banjiruangsaku.Blogspot.com

Senyum terkulum. Inilah yang terjadi saat saya menulis judul artikel ini. Biasanya kata “Jurus Jitu” bersanding dengan kata-kata yang nadanya kearah sukses atau berhasil. Tetapi ini sebaliknya. Yaa menurut saya sih sedikit lucu…he..he..he….ga apa-apa kaaaan?

Pak Tung Desem Waringin, Brain Tracy, Bradley J. Sugars, menyampaikan bahwa salah satu rahasia untuk menjadikan sebuah usaha maju adalah informasi positif dari mulut ke mulut mengenai kepuasan yang mereka dapatkan. Beberapa pengusaha sukses lainnya pun mengungkapkan hal serupa.

Pak Tung Desem Waringin menyebut hal demikian dengan istilah Refferal. Seseorang puas dengan produk anda atau pelayanan anda. Kemudian orang ini berbicara atau menyampaikannya kepada yang lain. Dan seterusnya. Inilah sekilas gambaran informasi dari mulut kemulut. Bila penjualan Anda 25% tidak dari referral maka ada yang salah dari sistem marketing anda.

Makanya jangan pernah mengecewakan pelanggan atau konsumen. Informasi mengecewakan tentang usaha atau pelayanan bisnis anda yang disampaikan konsumen kepada yang lain adalah awal yang akan menjadi benih hancurnya usaha yang dijalankan. Mengecewakan konsumen, Inilah yang dimaksud Jurus Jitu agar usaha jadi bangkrut.

Untuk mengukur sejauh mana pengaruhnya, mari kita gunakan hukum 11 x 5 Ziglar. Rumus ini saya peroleh dari bukunya Pertus G. Hartono dengan judul Sales Power.
Zig Ziglar menemukan bahwa jika anda mengecewakan seorang calon pelanggan potensial atau pelanggan Anda karena diperlakukan kasar maka mereka akan menceritakan pada 11 orang tentang kejadian yang tidak menyenangkan tersebut.

Dan kemudian 11 orang tersebut, rata-rata akan menceritakan pada 5 orang lagi. Sehingga ada 55 orang yang akan mendengar nama anda dan nama perusahaan anda dengan cara yang negative. Dan akhirnya, dikemudian hari, Anda berada di jalan yang sulit untuk menjual barang atau jasa.

Saya pun pernah dikecewakan oleh toko perlengkapan computer dan accessories yang ada di Lippo Cikarang. Namanya adalah Silvana Komputer (Maaf terpaksa saya harus menyebut namanya). Semoga anda tidak menjadi orang berikutnya yang dikecewakan juga seperti saya.

Saat itu saya membeli kabel power (Charger) untuk laptop saya. Karena yang ada sudah rusak. Merknya saya lupa, namun yang jelas harganya mahal juga untuk ukuran yang bukan asli. Diatas 200 ribu.

Namun, baru satu minggu ( 6 hari) barang itu sudah rusak. Ketika saya kembali kesana ternyata pelayannya bilang “barang itu tidak bisa ditukar”. Ia mengatakan “Kan saya udah bilang barang ini tidak ada garansi”. Hanya ini, yaa..hanya ini.

Ketika saya tanya lagi kira-kira dimana tempat untuk menyervisnya, ia hanya menjawab, “saya tidak tahu”. Suatu pertunjukan yang memperlihatkan pelayanan yang tidak pernah dilatih.

Sayapun mengatakan kepada mereka “Mas terus terang saya kecewa, klo barang jelek jangan dijual dong”. Maklum sedikit emosi he…he..he…..

Saya berharap anda jangan menjadi orang berikutnya yang dikecewakan oleh Silvana Komputer ini.

Jika anda saat ini sedang menjalankan usaha, hati-hatilah dengan pelayanannya. Jangan sekalipun mengecewakan pelanggan. Terus terang saya termasuk orang yang kapok untuk membeli lagi barang di Silvana Komputer yang ada di Lippo Cikarang itu.

Saya tetap mendo’akan, semoga Silvana Komputer sudah merubah sistem pelayananya, sehingga tidak ada konsumen berikutnya yang kecewa.

Mari beritahu walau hanya kepada 1 teman anda supaya semakin banyak orang yang bisa mendapat manfaat dari sajian ini.
-----------------------------------------------------------------------------------------
Salam Dahsyat dari Sunaryo Saripudin:
www.Banjiruangsaku.Blogspot.com

Langganan via FeedLangganan via Email

Artikel Terkait.....!!

Widget by Scrapur

2 komentar:

Terima Kasih [ Anonim ] Atas Komentarnya....!!! Pengen buat seperti ini...? klik di [Modifikasi Komentator] 26 Juni 2009 10.33  

semua bohong http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

Terima Kasih [ Anonim ] Atas Komentarnya....!!! Pengen buat seperti ini...? klik di [Modifikasi Komentator] 26 Juni 2009 10.36  

pembohong besar semua, jangan githu dong kalau mau nyari duit, yang bersih2 ja. kata negara gak mau nganut KKN



Silahkan Tinggalkan Komentarnya di Sini....!!!

  © By: Dunia-Blogger 2008

|Admin Quick Click: [Draf]-[Edit HTML]-[Google]-[Adsense]-[Gmail

Kembali Ke Atas