Senin, 20 Oktober 2008

Bagaimana Masih Bisa Menabung Walau 100% Gaji Anda Sudah Habis entah kemana (bagian 3-habis)

Oleh : Sunaryo Saripudin S.Pd
Email : Banjiruangsaku@Gmail.com

JURUS PAMUNGKAS Mengatasi Kasulitan Menabung: Anjuran untuk menabung sudah pasti sebuah nasehat yang sangat bagus. Termasuk dalam artikel sebelumnya pada bagian 1 dan 2. Tetapi banyak diantaranya akan menyatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

Mengapa demikian sulitnya menyisihkan sebagian pendapatan tersebut padahal untuk kepentingannya sendiri dimasa yang akan datang? Sudah bisa ditebak. Tiada lain jawabanya adalah hal ini karena sudah pasti akan ada beberapa kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi jika menabung tetap dilakukan. Standar hidup menjadi menurun.

Jangankan untuk menabung, untuk sehari-hari saja masih banyak yang kurang. Akhirnya tidak pernah tidak menabung dech. Nabung sih pegen tapi gimana yaaaaaa?

Kalau begitu terus kondisi saya, saya tidak mungkin bisa menabung dong? Ups …..jangan pesimis dulu kawan.

Ada jurus pamungkas yang dapat dilakukan sebagaimana yang di ajarkan oleh Brain Tracy yaitu Wedge Theory. Apa Wedge Theory itu? Anda tidak harus memotong gaji anda untuk ditabung. Nah…asik nih.

Tetapi anda harus bertekad untuk menabung 50 persen dari setiap kenaikan pendapatan/pendapatan sampingan yang anda peroleh sejak saat ini. Ini adalah cara terakhir untuk anda dan usahakan ini anda lakukan demi masa depan anda sendiri.

Untuk menjadi kaya, anda harus mengembangkan kebiasaan mulai dari sekarang untuk menabung 50 persen dari kenaikan pendapatan selanjutnya. Dan sisanya yang 50 persen lagi silahkan gunakan untuk apapun yang anda suka.

Nah..ini baru lebih bisa saya terima dan lebih masuk akal buat saya. Tapi bagaimana saya bisa mendapatkan penghasilan sampingan tersebut?

Jika waktu yang menjadi penyebab maka solusinya adalah luangkan waktu ekstra diluar jam kerja anda. Investasikanlah waktu anda walau sedikit untuk melakukan apapun yang mengarah kepada mendapatkan penghasilan tambahan/sampingan.
Bacalah buku, dengarkan CD motivasi atau resep bisnis, membangun relasi, dsb.


Saya pun demikian, setelah pekerjaan kantor beres dan semua pekerjaan sudah saya delegasikan maka saya manfaatkan waktu ini untuk baca-baca buku dan mengonsep tulisan. Kadang di kertas kadang langsung di laptop. Tergantung mud.

Sekitar jam 16.00 saya pulang istirahat sebentar mengeringkan keringat, lalu mandi dan makan. Setelah itu main sama anak dan istri sebentar. Setelah maghrib saya langsung buka laptop untuk membuat tulisan, baca email atau ebook, mendengarkan CD sales magic, CD VInancial Revolution & Marketing Revolution, atau lainnya.

Entah kapan mulainya saya jadi terbiasa tidur diatas jam 2 pagi bahkan kadang jam 4.00. sekarang aja saat menulis artikel ini jam di laptop menunjukkan angka 1.05. Ini sudah biasa terjadi meskipun tubuh kadang jadi tidak fit.

Barangkali solusi lainnya di bawah ini bisa anda coba……
Ide ini saya peroleh dari Jaka E. Cahyono dalam bukunya Kebebasan Financial, Panduan Menuju Perencanaan Keuangan Keluarga,Klaten,2001 ketika ia memberikan contoh cara menyusun Anggaran Pendapana Belanja Keuarga.

Saat ini keuangan dari gaji anda masih mampu membuat anda sanggup bertahan hidup, dengan segala kendalanya. Nah sebagai langkah awal, pertahankanlah hanya uang dari gaji bulanan anda saja yang anda habiskan. Seperti halnya yang sudah-sudah.

Biasanya dalam satu tahun anda mendapatkan penghasilan lainnya seperti uang lembur, THR, bonus perusahaan, tunjangan karyawan berprestasi, dsb.
Untuk mudahnya catat semua yang kira-kira bisa anda terima untuk tahun itu dari perusahaan anda.

Setelah selesai, catatlah “apa yang dapat dilakukan untuk menambah pendapatan sekarang dan masa yang akan datang?”. Jaka E. Cahyono memberikan saran minimal 22 jawaban. Jika jawaban yang anda peroleh kurang dari jumlah itu, tanyakan kepada teman, kerabat atau dari bahan bacaan.

Ingat godaan untuk menghabiskan/membelanjakan uang sangat besar. Apalagi kalau uang itu ada dikantong anda. Kuatkan diri anda.

Menabung merupakan salah satu pintu yang dapat mengantar anda memiliki peternakan uang. Nasehat sudah banyak disampaikan oleh para jutawan. Hanya saja semuanya kembali kepada anda. Hidup adalah pilihan. Mana yang akan anda pilih. Nabung or no!.
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Salam Dahsyat dari Sunaryo Saripudin:
http://www.Banjiruangsaku.Blogspot.com
Semoga sukses----- JURUS PAMUNGKAS Mengatasi Kasulitan Menabung

Langganan via FeedLangganan via Email

Artikel Terkait.....!!

Widget by Scrapur

0 komentar:



Silahkan Tinggalkan Komentarnya di Sini....!!!

  © By: Dunia-Blogger 2008

|Admin Quick Click: [Draf]-[Edit HTML]-[Google]-[Adsense]-[Gmail

Kembali Ke Atas