Kamis, 06 November 2008

Membuat Website Gratis atau Berbayar ?


Banjiruangsaku.blogspot.com | Website Gratis atau yang berbayar, ya?
Anda mungkin bertanya :”Kenapa saya harus pake yang bayar kalau yang gratis ada?” pertanyaannya bagus nich.

Urgensinya adalah bukan terletak pada terkesan profesional atau tidak (maaf yaa jika ada yang tidak sependapat) tetapi lebih kepada beberapa kelebihan dan kekurangannya. Karena itu saya tidak akan menyinggung mengenai pembahasan porfesional atau tidaknya dari sudut website berbayar atau Gratis.

Dari segi kepemilikan : untuk yang gratisan saya ambil contoh Blogger, misalnya. Di satu sisi anda lah pemilik web. Tetapi disisi lain web anda juga punya Bloger.Com. Artinya apabila suatu hari blogger.com mau tutup website anda dengan alasan apapun, maka habislah website anda, dan tentunya bisnis anda juga. Karena itu pastikan anda punya copyan untuk semua bagian yang mungkin untuk dicopy sehingga jika terjadi hal ini data Anda tidak hilang semuanya.
Untuk website yang berbayar kelebihannya anda punya kendali penuh kecuali anda sudah tidak sanggup lagi membayarnya.

Dari Segi Daya Ingat : saya tanya mana yang lebih mudah di ingat : “1001ebook4u.mutiply.com atau 1001ebook4u.com?” Tentu yang akan lebih mudah diingat adalah 1001ebook4u.com. karena yang ini lebih pendek dari yang pertama.

Dimana saya bisa membuat Website Gratis?
Cara paling mudah untuk membuat website saat ini adalah dengan menggunakan blog. Untuk blog yang gratis, anda bisa ke Blogger, multiply, 2ip.com, geocities.com, freeservers.com, cjb.net.com, dll. Saya sendiri banyak memanfaatkan blogger.com.

Saya tidak akan membahas bagaimana caranya membuat sebuah blog di bloger.com atau dimana, karena sudah banyak tutorial yang bisa and baca sendiri dari internet. Jika bingung silahkan kirim email banjiruangsaku@gmail.com . Saya akan memberikan link-link atau alamat website yang memberikan panduan untuk masalah pembuatan website yang akan anda buat.

Pilihlah nama blog Anda sesuai target market anda (Niche). Misalnya anda mau membidik pasar kerudung, pilihlah nama yang berhubungan, misal : kerudung.blogspot.com atau pusatkerudung.blogspot.com, atau yang serupa lainya.

Jangan heran jika blog yang anda buat diblogger.com selalu disertai kata “blogspot.com”. Karena memang dari sana-nya. Jadi anda tidak perlu pusing tujuh keliling memikirkan-nya nanti botak. He…he…he….

Dimana saya bisa membuat website berbayar?
Karena saya sudah menguasai cara membuat website dan ingin website saya terkesan professional, apakah saya boleh membuat website yang berbayar? Boleh sekali. Lho kenapa tidak. Jika anda sudah punya anggaran untuk membuat website berbayar maka lakukanlah.

Kini anda sudah yakin, sudah punya kemampuan, dan sedikit banyak sudah paham dunia intenet, silahkan investasikan untuk membeli domain dan hosting untuk website anda.

Nah lho…..apa sih Domain? Apa sih Hosting?
Domain adalah nama website. Contoh. www.google.com adalah nama domain, www.yahoo.com adalah nama domain.

Hosting adalah tempat untuk nampung domain. Misal : Alamat rumah anda adalah Komplek perumahan MUDAH KAYA blok KERJA KERAS. Di alamat tersebut, berdiri megah rumah anda. Nah Alamat rumah anda adalah Domain, dan Bangunan rumah anda adalah Hosting.

Biaya domain sekitar US$ 9 -10/tahun. GoDaddy dan EtDomains adalah dua diantara penyedia Domain. Untuk Hosting, Anda bisa pakai UltraWebHost atau Hostgator bisa juga ke googel untuk mencari yang cocok untuk kebutuhan anda.

Banyak yang menyarankan bahwa jika mencari Hosting sebaiknya yang menggunakan cPanel. cPanel adalah sebuah system untuk mengelola hosting Anda secara mudah tanpa perlu mengetahui banyak scrift atau coding.

Saat ini sudah banyak hosting company yang menggunakan cPanel sebagai system pengelolaan hosting accountnya. Sekitar 99,99% Internet Marketer menggunakan cPanel untuk mengelola hosting mereka.

Langganan via FeedLangganan via Email

Artikel Terkait.....!!

Widget by Scrapur

1 komentar:

Terima Kasih [ solo-on-line ] Atas Komentarnya....!!! Pengen buat seperti ini...? klik di [Modifikasi Komentator] 22 Januari 2012 pukul 11.54  

artikelnya informatif sekali gan,terimakasih atas perkiraan info harga domainnya



Silahkan Tinggalkan Komentarnya di Sini....!!!

  © By: Dunia-Blogger 2008

|Admin Quick Click: [Draf]-[Edit HTML]-[Google]-[Adsense]-[Gmail

Kembali Ke Atas